Latest News

Know Bandung, Love Bandung



Bandung

Travelers, sudah pergi ke Bandung kan ? Salah satu kota terbesar di Jawa barat dengan sejuta keindahannya. Tapi apakah Travelers sudah tahu sejarah kota Bandung ?
Disini, akan berbagi info tentang sejarah kota Bandung.
Kata Bandung sendiri berasal dari kata “bendung” atau “bendungan” karena terbendungnya  sungai Citarum oleh lava gunung Tangkuban Perahu yang kemudian membentuk telaga.
Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di wilayah Jawa Barat yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Barat dan juga merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. 


Kota Kembang

Dalam buku Wajah Bandoeng Tempo Doeloekembang yang dimaksud ialah Kembang Dayang yang dalam bahasa Sunda sama dengan WTS (Wanita Tunasusila)
Istilah kota kembang berasal dari peristiwa yang terjadi tahun 1896 saat Bestuur van de Vereninging van Suikerplanters (Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula) yang berkedudukan di Surabaya memilih Bandung sebagai tempat penyelenggaraan kongresnya yang pertama.

Sebagai panitia kongres, Tuan Jacobmendapat masukan dari Meneer Schenk agar menyediakan ‘kembang-kembang’ berupa "noni cantik" Indo-Belanda dari wilayah perkebunanPasirmalang untuk menghibur para pengusaha gula tersebut.
Setelah kongres, para tamu menyatakan sangat puas. Kongres dikatakan sukses besar. Dari mulut peserta kongres itu kemudian keluar istilah dalam bahasa Belanda De Bloem der Indische Bergsteden atau ‘bunganya’ kota pegunungan di Hindia Belanda. Dari situ muncul julukan kota Bandung sebagai kota kembang.


Julukan Parijs van Java



Dalam buku Otobiografi Entin Supriatin, Deritapun Dapat Ditaklukan. Bandung dikenal dengan sebutan Parijs Van Java atau Paris-nya Pulau Jawa. 

Mungkin mengira istilah itu muncul dari keindahan kota Bandung sama dengan keindahan kota Paris. Padahal bukan itu. Sebenarnya, istilah Parijs van Java muncul karena pada waktu itu di Jalan Braga terdapat banyak toko yang menjual barang-barang produksi Paris, terutama toko pakaian. 

Toko yang terkenal diantaranya adalah toko mode dan pakaian, Modemagazinj ‘au bon Marche’yang menjual gaun wanita mode Paris. 

Ada juga restoran yang makanan khas Paris Maison Bogerijen yang menjadi tempat santap para pejabat dan pengusaha Hindia Belanda atau Eropa. Dari situlah muncul julukan lain bagi kota Bandung sebagai Parijs van Java



Kota Belanja (Shopping)

 
Rumah Mode salah satu Factory Outlet terbesar dan terkenal di Kota Bandung

Selain itu, kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet (FO) yang banyak tersebar di kota ini. 

Tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. 
Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.


 Sejarah Kota Bandung

Pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini di bakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang waktu itu. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Sebutan Bandung Lautan Api kini digunakan sebagai nama stadion bertaraf internasional di kawasan Gedebage, wilayah timur kota Bandung: Stadion Gelanggang Olahraga Bandung Lautan Api (GBLA).



Travelers, sekarang sudah tahu kan ? jadi tak hanya berkunjung saja, pastikan sejarah dan semua infonya juga didapat agar tripmu lebih berkesan dan bermakna.
Ukir momentmu dikota Bandung ini, karena Bandung tak hanya sebuah Kota yang cantik, Bandung adalah sebuah cerita yang indah.

Know Bandung, Love Bandung.




Arnis Tour And Travel
Fb : Arnis Syaripah Aveiro
Wa : +6281294379179

No comments:

Post a Comment

Trip Solution Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.